close

Balai Latihan Kerja UPTD Kabupaten Subang Tahap 1 Tahun 2023

Balai Latihan Kerja Kabupaten Subang merupakan lembaga pemerintah yang bertugas untuk memberikan pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat Kabupaten Subang. Pelatihan yang ditawarkan bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan di dunia kerja.

Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia melalui UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Subang mengadakan pelatihan berbasis kompetensi dengan nama “UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Subang Tahun 2023” pada tahun 2023. Jadwal pendaftaran pelatihan ini dibuka pada tanggal 2 Januari 2023 hingga 17 Februari 2023.

Balai Latihan Kerja UPTD Kabupaten Subang Tahun 2023

Kementerian UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Subang
Pelatihan Pelatihan Berbasis Kompetensi
Tahun 2023
Tahap-I Pendaftaran 02 Januari 2023 s/d 17 Februari 2023
Persyaratan Offline
1. Usia minimal 17 tahun
2. Fotocopy KTP (2 Lbr)
3. Fotocopy Ijazah Terakhir (2 Lbr)
4. Pas Foto Formal 3×4 (3 Lbr)
5. Memiliki akun Sisnaker/Siapkerja
Dokumen Persyaratan harap diserahkan ke kantor BLK Subang
Registrasi Online
1. No Hp Aktif (Bukan Smartfren)
2. Email Aktif
3. Scan/Softcopy Ijazah
4. Scan/Softcopy KTP
5. Foto Formal
Registrasi onlione dengan cara membuat akun dan pendaftaran di aplikasi “SISNAKER” atau melalui website “kemnaker.go.di”
Program Pelatihan
1. Animator Muda
2. Pengoperasian Mesin Bubut
3. Teknisi AC Residential
4. Operator Listrik Industri
5. Teknik Engine Tune Up Service Sepeda Motor Injeksi
Fasilitas
1. Sertifikat Pelatihan
2. Sertifikat BNSP
3. Seragam Pelatihan
4. ATK
5. Makan siang selama pelatihan
6. Uang Saku
7. Sepatu Kerja
Alamat JI. Mayjend Sutoyo No. 48 Subang
Informasi Lain Pelatihan gratis tanpa dipungut biaya, Jika mengalami kesulitan dalam pendaftaran online bisa langsung datang ke Kantor BLK Subang
Kontak 089-648-099-918

 

Melalui UPTD Balai Latihan Kerja, masyarakat Kabupaten Subang memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan gratis yang akan membantu mereka dalam meningkatkan karier dan memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Selain itu, UPTD juga menyediakan beberapa bidang pelatihan untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja yang ada.

Baca Juga  Daftar Online PT Taekwang¬†PT. TKG Lewat IG

BLK

Pendaftaran untuk mengikuti pelatihan dapat dilakukan secara online maupun datang langsung ke kantor UPTD. Persyaratan pendaftaran cukup mudah dan membutuhkan dokumen-dokumen yang mudah diterima seperti KTP, ijazah terakhir, dan pas foto formal.

Dengan adanya UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Subang, masyarakat memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan yang berkualitas. UPTD memberikan harapan bagi masyarakat untuk memperoleh pekerjaan yang baik dan hidup yang lebih baik.

Info loker subang terbaru bisa kamu baca di bawah ini :

Apa itu Balai Pelatihan Kerja / BLK?

Balai Latihan Kerja (BLK) adalah sebuah fasilitas pelatihan bagi mereka yang ingin memperoleh keterampilan atau meningkatkan keahlian di bidang tertentu. BLK menawarkan berbagai bidang kejuruan, seperti Kejuruan Teknik Sepeda Motor, Teknisi Komputer, Operator Komputer, Tata Busana, Teknik Pendingin, Tata Graha, Tata Kecantikan Rambut, Tata Kecantikan Kulit, Tata Rias Pengantin, Tata Boga, dan lainnya.

BLK juga menyediakan fasilitas untuk keahlian dalam bidang bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Jepang, dan Korea. Fasilitas ini membantu mereka untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilannya sehingga siap untuk memasuki dunia kerja.

Sejarah

Balai Latihan Kerja (BLK) berasal dari ide pembentukan Pusat Latihan Kerja Program Pelatihan (PPKPI) pada bidang industri pada tahun 1953. Pada tahun 1960, PPKPI berubah menjadi Pelatihan Pencari Kerja Pegawai Instansi untuk membentuk tenaga kerja yang memiliki keterampilan.

Dengan perkembangan zaman, pada tahun 1970 terjadi perubahan dari Pusat Latihan Kerja Program Pelatihan (PPKPI) menjadi Balai Latihan Kerja yang berada di bawah pembinaan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia. Saat otonomi daerah, Balai Latihan Kerja (BLK) berubah menjadi Balai Latihan Kerja Daerah (BLKD) yang berada di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Tenaga Kerja di setiap daerah di Indonesia.

Mobil Pelatihan Kerja

Program Mobil Pelatihan Kerja, atau yang sering disebut Mobile Training Unit (MTU), adalah program pelatihan kerja yang menggunakan kendaraan untuk memprioritaskan pelatihan bagi para pencari kerja dan pekerja yang mengalami pengangguran di pedesaan. Ini membantu membantu menjangkau warga yang tidak dapat dijangkau oleh Balai Latihan Kerja (BLK) karena geografis, karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah yang sangat luas.

Peranan Penting BLK dalam Masyarakat

Balai Latihan Kerja memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan tenaga kerja Indonesia. BLK bertanggung jawab untuk menyediakan pelatihan dan sertifikasi bagi para pelamar kerja agar memiliki keterampilan dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Melalui program pelatihan yang ada, BLK berusaha untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja sehingga membantu mengatasi masalah pengangguran dan memperkuat daya saing Indonesia di pasar global.

BLK juga membantu menyediakan informasi dan kesempatan kerja bagi para peserta pelatihan dengan memfasilitasi hubungan antara para pelatihan dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Dengan demikian, BLK memainkan peran penting dalam mempromosikan kesempatan kerja bagi masyarakat dan membantu menjembatani gap antara pasar kerja dan tenaga kerja yang berkualitas.

Apakah di BLK di gaji?

balai latihan kerja di gaji

Benar, umumnya para peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Pelatihan dan fasilitas yang diberikan oleh BLK bersifat gratis dan ditanggung oleh pemerintah. Namun, beberapa BLK mungkin juga menyediakan bantuan biaya hidup bagi peserta pelatihan yang membutuhkan, seperti makan dan akomodasi.

Sebagai informasi tambahan, peserta pelatihan di BLK tidak menerima gaji selama masa pelatihan. Tujuan pelatihan di BLK adalah untuk menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompeten, bukan untuk memberikan penghasilan selama masa pelatihan. Namun, setelah menyelesaikan pelatihan dan memperoleh sertifikat, peserta diharapkan dapat memperoleh pekerjaan yang layak dan memperoleh penghasilan.

Berapa uang saku pelatihan dari kemnaker?

Peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menerima beberapa bantuan, seperti konsumsi makan, minum, dan snack selama pelatihan, bantuan transportasi dari lokasi asal ke tempat pelatihan, serta uang saku sebesar Rp. 500.000.

Ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah bagi peserta pelatihan untuk membantu mengatasi biaya hidup selama masa pelatihan. Uang saku yang diterima peserta dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi selama masa pelatihan. Bantuan transportasi dan konsumsi juga membantu mempermudah akses dan partisipasi peserta dalam pelatihan.

Apakah sertifikat BLK bisa untuk melamar kerja?

Sertifikat kompetensi yang diterima setelah menyelesaikan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) dapat dimanfaatkan sebagai bukti keterampilan dan kualifikasi yang diterima oleh peserta pelatihan. Sertifikat tersebut dapat dikenakan sebagai salah satu kriteria penting bagi perusahaan saat melakukan seleksi dan penilaian calon pekerja.

Selain itu, keahlian dan keterampilan yang diterima melalui pelatihan di BLK juga dapat menjadi bekal yang berguna bagi peserta untuk berwirausaha dan mengembangkan bisnis mereka sendiri. Banyak peserta pelatihan yang berhasil memanfaatkan keterampilan dan keahlian yang didapatkan melalui pelatihan untuk memulai usaha atau memperluas bisnis mereka. Oleh karena itu, pelatihan di BLK bisa menjadi alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan mereka.

Penutup dan Kesimpulan

Balai Latihan Kerja (BLK) memegang peran penting dan strategis dalam upaya menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompetensi sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja. Pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK ini tidak membebankan biaya bagi peserta dan memberikan bantuan konsumsi, transportasi, dan uang saku selama pelatihan.

Sertifikat kompetensi yang diterima setelah menyelesaikan pelatihan di BLK dapat dimanfaatkan sebagai bukti keterampilan dan kualifikasi bagi peserta pelatihan saat melamar pekerjaan atau memulai usaha. Oleh karena itu, pelatihan di BLK bisa menjadi alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan mereka.

Dengan demikian, BLK memainkan peran penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompetensi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

Informasi loker subang lainnya bisa kamu baca di bawah ini :

Balai Latihan Kerja UPTD Kabupaten Subang Tahap 1

Adblok Terdeteksi

Silahkan matikan adblok nya, untuk support kami agar terus update informasi lowongan kerja subang.

Refresh Page
x